"Maju, Mandiri, Sehat dan Sejahtera" -- selengkapnya... Pemerintah Desa Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Artikel

SELAMAT HARI PANCASILA 1 JUNI 2024

01 Juni 2024 06:45:45  M. AUFAL MISYAQ  20 Kali Dibaca  Berita Lokal

SEJARAH SINGKAT PANCASILA

Pancasila adalah ideologi dasar Negara Republik Indonesia. Sejarah Pancasila bermula pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia dan proses pembentukan dasar negara yang berlangsung pada tahun 1945.

Pada tanggal 1 Juni 1945, Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk dengan tujuan untuk mempersiapkan dasar negara bagi Indonesia yang akan merdeka dari penjajahan Belanda. BPUPKI kemudian membentuk Panitia Sembilan yang bertugas menyusun rancangan dasar negara.

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Sembilan menghasilkan naskah yang dikenal sebagai Piagam Jakarta. Piagam Jakarta terdiri dari 38 pasal yang mencakup asas-asas negara dan dasar-dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Di antara pasal-pasal tersebut terdapat dasar-dasar negara seperti kedaulatan rakyat, persatuan, dan kesejahteraan sosial.

Pada tanggal 29 September 1945, Panitia Sembilan mengadakan sidang di Gedung Pancasila, Jakarta, untuk membahas dan menyempurnakan naskah Piagam Jakarta. Sidang tersebut dipimpin oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Dalam sidang tersebut, istilah "Pancasila" diperkenalkan sebagai nama resmi dari dasar negara yang akan diadopsi oleh Indonesia.

Pancasila secara resmi diumumkan sebagai dasar negara Republik Indonesia dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945. Pancasila menjadi ideologi negara dan tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, konstitusi Indonesia yang masih berlaku hingga saat ini.

Pancasila terdiri dari lima prinsip yang meliputi Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Prinsip-prinsip tersebut merupakan panduan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mengakomodasi keanekaragaman masyarakat Indonesia.

Sejak diperkenalkan hingga saat ini, Pancasila tetap menjadi landasan dan panduan dalam menjaga keutuhan, keadilan, dan kemajuan Indonesia sebagai negara yang berdasarkan persatuan, kebhinekaan, dan keadilan sosial.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Keuangan

desa/themes/denatra/widgets/keuangan.php

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

 Media Sosial

 Sinergi Program

DUKCAPIL JATENG GAYENG

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Maulana No. 17 Desa Tedunan RT 05 RW 01 Kec. Wedung Kab. Demak
Desa : Tedunan
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon : 085157331787
Email : desa.tedunan17@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:47
    Kemarin:97
    Total Pengunjung:106.284
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.221.66.130
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

 Facebook Desa

 Pemerintah Desa