"Maju, Mandiri, Sehat dan Sejahtera" -- selengkapnya... Pemerintah Desa Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Artikel

Pengenalan Diversifikasi Pangan pada Anak-Anak

09 Agustus 2023 19:27:39  Muhammad Nur Sihabuddin  23 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada tanggal 24 Juli 2023, telah terlaksana kegiatan "Pengenalan Diversifikasi Pangan pada Anak-Anak” yang diadakan oleh Tim KKN-PPM UGM. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa MTs Irsyaduth Thullab Tedunan. Kegiatan ini berperan sebagai pengenalan kepada para siswa bahwa nutrisi dapat diperoleh dari berbagai sumber gizi melalui konsumsi komoditas pangan yang beragam terlebih Indonesia memiliki berbagai pangan alternatif. Tujuan kegiatan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa terkait diversifikasi pangan dan memberikan pengetahuan terkait manfaat dari melakukan diversifikasi pangan. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi dan dilanjutkan dengan permainan edukasi menggunakan card games sebagai contoh penerapan pola konsumsi pangan yang beragam. Card games terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu 10 kartu makanan yang mengandung karbohidrat, 10 kartu makanan yang mengandung protein, 10 kartu makanan yang mengandung lemak, 10 kartu sayuran, dan 4 jenis kartu spesial.

Diversifikasi pangan adalah upaya menganekaragamkan jenis makanan yang dikonsumsi, mencakup sumber energi dan zat gizi sehingga terpenuhi kebutuhannya, baik ditinjau dari kuantitas maupun kualitasnya. Manfaat dari melakukan diversifikasi pangan yaitu untuk menunjang pertumbuhan, daya tahan, dan produktivitas fisik, serta meningkatkan asupan zat-zat antioksidan, serat, dan penawar terhadap senyawa yang merugikan kesehatan seperti kolesterol. Kegiatan pengenalan diversifikasi pangan kepada anak-anak adalah sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah agar masyarakat tidak hanya mengkonsumsi satu jenis bahan makanan sebagai sumber karbohidrat tetapi dapat mengonsumsi komoditas pangan lainnya. Terdapat enam komoditas yang dapat dijadikan sumber karbohidrat, seperti ubi kayu, jagung, sagu, pisang, kentang, dan sorgum. Komoditas pangan tersebut mengandung karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh.

Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran siswa untuk membangun kebiasaan melakukan diversifikasi pangan. Mahasiswa KKN-PPM UGM menggunakan media card games untuk menyampaikan materi sebagai permainan edukasi yang menarik bagi siswa. Para siswa sangat antusias dalam memainkan card games karena merasakan tantangan dalam memenangkan permainan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan para siswa dapat menerapkan diversifikasi pangan di kehidupan sehari-hari sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan di Indonesia. Dengan demikian, berbagai komoditas pangan dengan ketersediaan yang melimpah dapat menunjang pemenuhan nutrisi bagi kesehatan tubuh.

Ditulis oleh: Ghina Zain Sukmaningrum - Tim KKN-PPM UGM 2023

Diedit oleh: Muhammad Nurhafiz Sidiq - Tim KKN-PPM UGM 2023 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Keuangan

desa/themes/denatra/widgets/keuangan.php

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

 Media Sosial

 Sinergi Program

DUKCAPIL JATENG GAYENG

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Maulana No. 17 Desa Tedunan RT 05 RW 01 Kec. Wedung Kab. Demak
Desa : Tedunan
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon : 085157331787
Email : desa.tedunan17@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:30
    Kemarin:97
    Total Pengunjung:106.267
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.221.66.130
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

 Facebook Desa

 Pemerintah Desa