"Maju, Mandiri, Sehat dan Sejahtera" -- selengkapnya... Pemerintah Desa Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Artikel

Pengenalan Teknologi Robotik kepada Siswa MTs Irsyaduth Thullab Tedunan

10 Agustus 2023 06:24:01  Muhammad Nur Sihabuddin  28 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada Senin (07/08/2023) mahasiswa KKN-PPM UGM melaksanakan kegiatan dengan judul “Pengenalan Teknologi Robotik” di MTs Irsyaduth Thullab Tedunan. Kegiatan ini dibertujuan untuk mengenalkan konsep dasar robotik untuk mengembangkan pemahaman tentang teknologi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk merangsang minat di bidang sains dan rekayasa, mengasah keterampilan kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Dalam kegiatan ini siswa diberikan proyek yaitu pembuatan miniatur parkir yang dikerjakan secara berkelompok. Dengan demikian, siswa juga belajar kerjasama dan komunikasi selama pengerjaan proyek tersebut.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi mengenai teknologi robotik oleh Hafiz yang merupakan mahasiswa KKN-PPM UGM dari program studi teknik elektro. Hafiz menjelaskan bahwa teknologi robotik memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Ia juga menjelaskan pemahan mendasar mengenai teknologi robotik seperti adanya sensor yang merupakan indera bagi sebuah robot, mesin yang merupakan otot bagi sebuah robot, dan sebagainya. Setelah penyampaian materi siswa diberikan soal TTS yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan. Pada kegiatan tersebut kedua kelompok berhasil menjawab semua soal TTS dengan benar.

Selanjutnya, mahasiswa KKN-PPM UGM juga turut memberikan materi terkait pemahaman numerasi. Pemahaman numerasi penting bagi siswa karena membantu dalam mengembangkan keterampilan berhitung yang esensial untuk kehidupan sehari-hari. Kemampuan berhitung yang kuat memungkinkan mereka membuat keputusan yang bijak dalam pengelolaan keuangan, menganalisis informasi statistik, serta mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Pemahaman numerasi juga menjadi dasar dalam pelajaran matematika lebih lanjut dan persiapan untuk karier masa depan. Lebih dari itu, kemampuan numerasi memberikan rasa percaya diri dan kemandirian kepada siswa dalam menghadapi tantangan di dunia modern yang semakin berfokus pada data dan teknologi.

Sebelum siswa diberikan proyek, siswa terlebih dahulu diajak untuk bermain tebak gambar. Permainan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kognitif dan merangsang pemrosesan visual dan pola pikir. Setelah bermain tebak gambar semua siswa berfokus pada proyek pembuatan miniatur sistem parkir otomatis yang turut dipandu oleh mahasiswa KKN-PPM UGM. Kedua kelompok berhasil menyelesaikan proyek tersebut dan mereka nampak puas dan senang dengan hasil proyek yang telah mereka buat.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kognitif, kreativitas, serta mengasah keterampilan kritis siswa-siswa MTs Irsyaduth Thullab Tedunan. Pasca kegiatan dilaksanakan, Hafiz melakukan koordinasi dengan Pak Faiq, kepala sekolah MTs Irsyaduth Thullab Tedunan agar kegiatan yang mengajarkan siswa tentang robotik masih dapat terus berjalan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pemicu bagi siswa-siswa MTs Irsyaduth Thullab Tedunan untuk dapat berinovasi di bidang robotika.

Ditulis oleh: Muhammad Nurhafiz Sidiq - Tim KKN-PPM UGM 2023

Diedit oleh: Muhammad Nurhafiz Sidiq - Tim KKN-PPM UGM 2023 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Keuangan

desa/themes/denatra/widgets/keuangan.php

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

 Media Sosial

 Sinergi Program

DUKCAPIL JATENG GAYENG

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Maulana No. 17 Desa Tedunan RT 05 RW 01 Kec. Wedung Kab. Demak
Desa : Tedunan
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon : 085157331787
Email : desa.tedunan17@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:64
    Kemarin:97
    Total Pengunjung:106.301
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.221.66.130
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

 Facebook Desa

 Pemerintah Desa